Apa itu Stem Cells?

Pembaruan dan perbaikan adalah proses berkelanjutan dalam tubuh manusia. Adult Stem Cells memasok sel-sel yang diperlukan untuk penggantian ini. Stem Cells telah diidentifikasi di lebih dari 20 organ atau jaringan. Dua fitur kunci yang membedakan Stem Cells dari sel-sel biasa ialah :

1. Stem Cells dapat berubah menjadi berbagai sel spesifik dalam jaringan yang sama.
2. Stem Cells memiliki kemampuan luar biasa untuk memperbaharui dan meregenerasi dirinya sendiri melalui pembelahan sel di sepanjang hidup seseorang.

Hal ini terutama yang membuat Stem Cells berharga dan penting dalam penelitian perawatan kulit regeneratif.

Stem cells di Kulit – Epidermal Stem Cells

Skin Adult Stem Cells juga terdapat di lapisan luar kulit manusia, yaitu epidermis. Sel-sel ini disebut Epidermal Stem Cells dan ditemukan di layer terdalam epidermis (basal layer). 2% - 7% sel dalam lapisan ini adalah Stem Cells. Meskipun penampilan Stem Cells tidak berbeda dari sel-sel lainnya pada lapisan basal, Stem Cells memiliki fungsi yang unik : yaitu mereka terus-menerus memperbarui dan meremajakan epidermis dengan membentuk keratinocytes baru dan meregenerasi jaringan rusak sebab sel-sel ini memiliki kemampuan untuk membelah diri secara terus-menerus

Pada kulit muda, epidermis sepenuhnya memperbaharui diri sendiri sekitar 4 minggu sekali. Proses ini terus-menerus melambat sejalan dengan bertambahnya usia kita. Jumlah dan vitalitas Stem Cells kulit berkurang. Paparan sinar UV yang berlebihan terhadap kulit dan gaya hidup tidak sehat (merokok, alkohol) memperburuk efek ini, mengakibatkan kulit lebih tipis dan kerutan kulit semakin dalam. Hydrolipid film berkurang, yang menyebabkan kulit mengering dan kurang baik terlindungi. Oleh karena tidak ada Epidermal Stem Cells baru yang dapat dikembangkan selama kehidupan seseorang, maka hal yang lebih penting ialah untuk mempertahankan vitalitas sel-sel berharga ini dan kemampuannya untuk membelah diri selama mungkin.

Plant (tumbuhan) Stem Cells melindungi Stem Cells kulit manusia. Bagaimana cara kerjanya?

Setiap Stem Cells berisi epigenetic factors spesifik yang tugasnya adalah untuk melindungi kemampuan multi-potency dan kemampuan self-renewal dari Stem Cells. Ternyata para peneliti telah menemukan bahwa dalam Plant Stem Cells terdapat epigenetic factors yang mirip dengan adult human stem cells. Jika diaplikasikan dengan cara yang benar, Plant Stem Cells memiliki dampak positif terhadap vitalitas dan fungsi Stem Cells kulit.